Jenis Kabel Listrik | Coaxial, NYY, NYA, NYM, NYAF, NYFGbY

Kabel Listrik adalah kabel yang biasa digunakan dalam pemasangan listrik. Ada banyak jenis kabel listrik. Berikut adalah 3 jenis kabel listrik yang biasa digunakan dalam pemasangan instalasi listrik.

1. Kabel Coaxial

Kabel Coaxial biasanya banyak digunakan dalam jaringan lokal. Kabel ini memiliki biaya pembangunan jaringannya yang relatif murah. Kabel ini biasanya digunakan pada metode topologi jaringan ring. Kabel coaxial menyediakan perlindungan cukup baik dari cross talk dan electrical interference yang berasal dari petir dan sistem radio. Pada kabel ini terdapat semacam perlindungan logam/metal dalam kabel tersebut. Kabel coaxial hanya dapat melakukan transfer rate data maximum 10 Mbps.

2. Kabel NYY

Kabel NYY memiliki lapisan isolator PVC berwarna abu atau hitam yang terdiri dari 2 sampai 4 kabel di dalamanya. Kabel NYY dapat digunakan untuk instalasi bawah tanah karena mempunyai lapisan isolator yang lebih tebal, lebih kuat dari kabel NYM, dan tidak disukai tikus. Itu sebabnya harga kabel ini lebih mahal dari kabel NYM.

3. Kabel NYA

Kable NYA umumnya dipakai pada instalasi perumahan dengan daya menengah ke bawah karena harganya reltif murah. Kabel ini disebut juga kabel tunggal karena intinya hanya satu yang dilapisi isolator PVC. Warna standar pada kabel ini adalah merah, hitam, biru, kuning, dan kuning-hijau. Kabel ini mudah sekali cacat dan mudah digigit tikut, oleh karena itu ketika melakukan instalasi perkabelan harus benar-benar diperhatikan cara penyambungan dan jarak antara kabel yang berbeda polaritas. Untuk tujuan keamaman biasanya petugas instalatir listrik memasang kabel NYA di dalam pipa untuk menghindari gisitan tikus dan gangguan fisik lain.

4. Kabel NYM

Kabel NYM memiliki lapisan isolator PVC dua lapis berwarna putih dan abu-abu yang terdiri dari 2 sampai 4 kabel di dalamnya. Dari segi keamanan kabel ini relatif lebih tahan luka/cacat dibanding kabel NYA dan harganya pun lebih mahal dari kabel NYA. Kabel ini dapat dipergunakan di lingkungan kering dan basa tetapi tidak dianjurkan untuk ditanam di dalam tanah.

5. Kabel NYAF

Kabel NYAF mempunyai isolator tebal dari bahan PVC. Kabel ini cukup lentur karena di dalamanya terdiri dari kabel serabut yang disusun per kelompok. Kabel NYAF digunakan untuk instalasi perangkat-perangkat elektronik dan listrik yang membutuhkan fleksibilitas tinggi. Contoh penggunaan kabel ini dapat dilihat pada panel kontrol telekomunikasi, rectifier, inverter, DCPDB, Sentral Telepon Digital, Battery, dan Panel Transmisi.

6. Kabel NYFGbY

Kabel NYFGbY adalah jenis kabel listrik yang sangat kuat karena dilapisi beberapa pelindung sekaligus yakni isolator PVC warna hitam dan logam di bagian dalam. Kabel ini cukup keras dan tidak lentur dan biasa dipakai untuk instalasi bawah tanah, di dalam ruangan, di dalam saluran-saluran, dan di tempat-tempat terbuka yang membutuhkan perlindungan ekstra.

5 Responses to "Jenis Kabel Listrik | Coaxial, NYY, NYA, NYM, NYAF, NYFGbY"

  1. apa jual ats untuk listrik 1 phase dan brp harganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf bu, perkenalkan saya hasbiawan. Jika ada kebutuhan panel, bisa hubungi saya di 081310646312

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Untuk kebutuhan kabel listrik bisa kontak kami di telp. 02129367298 atau wa 08176076688.
    Kami sebagai supplaier dan distributor kabel listrik menjual kabel listrik seperti di atas. Sedia kabel NYA, NYY, NYM, NYRGBY, NYFGBY, NA2XSY dan NAYY
    silahkan kunjungi web kami
    di https://jualkabel.net

    ReplyDelete
  4. Iron Folds in Tiang's Tiang Dog Tiangs - TitaniumArts
    Iron Folds in Tiang's Tiangs titanium security is one of the titanium bolts most popular breeds for dogs. fram titanium oil filter Tiang's Tiang is a golden breed and has an ivory nose, a gold titanium ring tail, and titanium gold

    ReplyDelete

wdcfawqafwef