Jenis Kabel Jaringan Komputer | Coaxial, UTP, STP, Fiber Optic


Kabel Jaringan Komputer adalah kabel yang biasa digunakan dalam pemasangan jaringan komputer. Ada banyak jenis kabel jaringan komputer. Berikut adalah 3 jenis kabel jaringan yang biasa digunakan dalam jaringan pengkabelan komputer.


1. Kabel Coaxial

Coaxial biasanya banyak digunakan dalam jaringan lokal. Kabel ini memiliki biaya pembangunan jaringannya yang relatif murah. Kabel ini biasanya digunakan pada metode topologi jaringan ring. Kabel coaxial menyediakan perlindungan cukup baik dari cross talk dan electrical interference yang berasal dari petir dan sistem radio. Pada kabel ini terdapat semacam perlindungan logam/metal dalam kabel tersebut. Kabel coaxial hanya dapat melakukan transfer rate data maximum 10 Mbps.

2. Kabel UTP

UTP merupakan kabel jaringan yang paling banyak digunakan. Hal ini karena kabel UTP mempunyai tingkat noise yang kecil, disebabkan kabel ini dililitkan berpasangan, sehingga akan mengurangi gelombang elegtromagnetic yang dapat mengganggu pengiriman data. Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) merupakan sepasang kabel yang di-twist/dililit satu sama lain. Tujuan adalah untuk mengurangi interferensi listrik yang dapat terdiri dari dua, empat atau lebih pasangan kabel (umumnya yang dipakai dalam jaringan komputer terdiri dari 4 pasang kabel / 8kabel). UTP dapat mempunyai transfer rate 10 Mbps sampai dengan 100 Mbps tetapi mempunyai jarak yang pendek yaitu maximum 100m.

3. Kabel STP ( Shielded Twisted Pair )

Secara fisik kabel shielded sama dengan unshielded tetapi perbedaannya sangat besar dimulai dari kontruksi kabel shielded mempunyai selubung tembaga atau alumunium foil yang khusus dirancang untuk mengurangi gangguan elektrik. Kekurangan STP kabel lainnya adalah tidak samanya standar antar perusahaan yang memproduksi dan lebih mahal dan lebih tebal sehingga lebih susah dalam penanganan fisiknya.

4. Fiber Optic

Fiber Optic mempunyai dua mode transmisi, yaitu single mode dan multi mode. Single mode menggunakan sinar laser sebagai media transmisi data sehingga mempunyai jangkauan yang lebih jauh. Sedangkan multimode menggunakan LED sebagai media transmisi. Teknologi fiber optic atau serat cahaya memungkinkan menjangkau jarak yang besar dan menyediakan perlindungan total terhadap gangguan elektrik. Kecepatan transfer data dapat mencapai 1000 mbps serta jarak dalam satu segment dapat labih dari 3.5 km. kabel serat cahaya tidak terganggu oleh lingkungan cuaca dan panas.

0 Response to "Jenis Kabel Jaringan Komputer | Coaxial, UTP, STP, Fiber Optic"

Post a Comment

wdcfawqafwef