Kabel Coaxial

Kabel coaxial adalah  kabel yang terdiri dari dua buah konduktor, yaitu terletak di tengah yang terbuat dari tembaga keras yang dilapisi dengan isolator dan melingkar di luar isolator pertama dan tertutup oleh isolator luar. Kabel coaxial memiliki 3 bagian utama, yakni pelindung luar, pelindung berupa anyaman tembaga, dan isolator plastik. Kabel coaxial memiliki kapasitas pita lebar (bandwidth) 10 Mbps dan kapasitas node 30 node. Kabel coaxial sering dipakai sebagai jalur transmisi untuk frekuensi sinyal radio.

Jenis kabel coaxial

1. Kabel coaxial RG-62A/U adalah  kabel berwarna hitam dengan inti berupa kabel serabut. Ukuran kabel ini kurang lebih 0.25 inch (6 mm).
2. Kabel Thin coaxial cable adalah kabel koaksial berdiameter rata-rata 5mm yang berwarna gelap dan banyak digunakan dikalangan radio amatir.
3. Kabel Thick coaxial cable adalah kabel berdiameter rata-rata 12mm dan sering dikenal sebagai yellow cable.
4. Kabel EZO Coaxial Cable RG59 adalah kabel data yang digunakan untuk instalasi CCTV system. Kabel ini memiliki kemurnian tembaga yang tinggi dan cocok digunakan untuk CCTV dengan jarak sedang maupun dekat. Kabel ini dilengkapi dengan aluminium foil agar transmisi data tidak terganggu oleh Noise yang disebabkan oleh peralatan listrik / kabel lainnya.
5. Kabel Belden Coaxial CATV RG6 adalah kabel yang dapat digunakan untuk transmisi video untuk jarak sedang. Kabel ini dilengkapi dengan insulasi Aluminium Foil dan PVC jacket bagian luar.
6. Kabel RG-8 adalah kabel iner tunggal dengan impedansi 50 ohm ( cocok untuk kabel RF) Repeater, Pemancar TV, Pemancar Radio Amatir, Radio Orari, dll.

Kelebihan Kabel Coaxial
1. Kabel Tembaga. Beberapa kelebihan dari kabel tembaga, antara lain adalah harganya murah, instalasinya mudah, mudah didapat, dan fleksibel, menggunakan satu medium untuk semua.
Kabel Koaksial. Beberapa kelebihan dari kabel koaksial adalah kapasitas bandwith dan jangkauan transmisi 2. yang lebih besar, pengiriman informasi yanglebih cepat, dan lebih murah dari serat optik.
3. Kabel Serat Optik. Beberapa kelebihan dari kabel serat optik adalah berukuran tipis dan berdiameter sehelai rambut manusia, dapat mentransmisikan sinyal cahaya, kapasitas bandwidth dan kecepatan transmisi yang sangat besar, mencapai terabyte, mudah untuk dibawa, serta tidak rentan terhadap gangguan frekuensi listrik.

Kelemahan Kabel Coaxial
1. Kabel Tembaga. Beberapa kelemahan dari kabel tembaga adalah rentan terhadap gangguan frekuensi listrik dan radio, tidak dapat mentransmisikan sinyal cahaya, dan kapasitas bandwithnya yang kecil.
2. Kabel Koaksial. Beberapa kelemahan dari kabel koaksial adalah sulit dalam instalasinya, sering mengakibatkan masalah dalam koneksi jika kedua ujungnya tidak di ground dengan baik, dan lebih mahal jika dibandingkan dengan kabel tembaga.
3. Kabel Serat Optik. Beberapa kelemahan dari kabel serat optik adalah harganya yang mahal termasuk peralatan khusus untuk penyambungannya, serta konstruksinya yang lemah sehingga memerlukan lapisan penguat untuk proteksi.

1 Response to "Kabel Coaxial"

wdcfawqafwef